Khasiat Lidah Buaya Untuk Keloid Di Kulit Tubuh


Khasiat Lidah Buaya Untuk Keloid Di Kulit Tubuh

Banyak sekali orang yang mengeluhkan tentang masalah pada kulit, seperti halnya kulit berjerawat maupun terkena luka seperti sayatan, jatuh, luka jahitan maupun luka tersiram air panas dan lainnya. Namun apakah Anda tahu, bagaimana yang terjadi apabila luka tersebut tidak diobati secara tuntas ??

Bekas luka seperti yang dijelaskan diatas tadi dapat berubah menjadi benjolan yang lebih dari sekedar jaringan bekas luka, benjolan tersebutpun sering kita sebut dengan keloid. Bekas luka ini bisa berupa daging berwarna merah atau merah muda dan sering kali kasar atau memiliki kerutan jaringan berlebih.

Dengan adanya hal tersebut pada kulit tubuh, bisa membuat Anda tidak percaya diri untuk tampil cantik sehingga Anda merasa minder oleh orang-orang disekitar Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena dalam kesempatan kali ini kami akan memeberikan informasi bagaimana cara menghilangkan keloid pada tubuh Anda dengan cara alami serta mudah dilakukan dirumah.

Tapi sebelumnya, alangkah baiknya kita simak mengenai informasi mengenai keloid di bawah ini !!

Sekilas Informasi Mengenai Keloid Pada Kulit Tubuh

 
Khasiat Lidah Buaya Untuk Keloid Di Kulit Tubuh
Keloid adalah penyakit kulit yang terjadi akibat pertumbuhan jaringan luka yang tidak normal atau berlebih setelah pulihnya cedera atau luka yang dalam. Keloid merupakan lesi kulit berserat yang tidak berpotensi menjadi ganas. Jaringan luka, yang juga dikenal sebagai jaringan fibrosa, tumbuh untuk memperbaiki dan memperbarui kulit setelah cedera. Namun, dalam beberapa kasus, jaringan luka tumbuh menjadi terlalu besar, sehingga timbul keloid. Studi telah membuktikan bahwa hal ini terjadi ketika mekanisme perbaikan tubuh kehilangan kendali sehingga terjadi proses pemulihan luka yang tidak normal.

Keloid berukuran jauh lebih besar dari bekas luka atau luka. Terkadang keloid dianggap sebagai bekas luka hipertrofi. Perbedaan utama di antara keduanya adalah bekas luka hipertrofi dapat lebih mudah hilang seiring berjalannya waktu sedangkan keloid biasanya bertahan sampai bertahun-tahun. Namun, kedua penyakit kulit ini disebabkan oleh kelebihan pertumbuhan jaringan yang dihasilkan tubuh saat regenerasi jaringan.

Keloid biasanya tumbuh satu tahun setelah luka terjadi. Walaupun dapat tumbuh di semua bagian tubuh, keloid lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang sering terkena tekanan seperti dada atas, lengan, dan bagian depan leher. Keloid juga biasanya tumbuh ketika bekas luka ada di bagian tubuh yang melewati garis tekanan kulit. Walaupun tidak membahayakan kesehatan, keloid biasanya menyebabkan masalah kecantikan.

Penyebab Keloid

Keloid biasanya diderita oleh pasien berusia 10-20 tahun dan berdasarkan penelitian, sampai 15% luka akan menyebabkan keloid. Keloid dikenal sebagai penyakit bawaan, yang berarti keloid diwariskan secara turun temurun dalam keluarga. Orang Afrika Amerika, Asia, dan Hispanik memiliki tingkat risiko terkena keloid yang lebih tinggi karena kulit mereka mengandung banyak pigmen atau zat warna. Mereka memiliki kemungkinan terkena keloid yang 15 kali lipat lebih tinggi dibandingkan orang dengan kulit yang jumlah pigmennya lebih sedikit.

Beberapa jenis luka juga lebih berisiko untuk tumbuh menjadi keloid, yaitu:
  • Jerawat
  • Luka bakar
  • Cacar air
  • Garukan
  • Tindik telinga
  • Sayatan yang dibuat saat operasi
  • Bekas suntik vaksinasi

Orang yang memiliki penyakit Infeksi biasanya lebih berisiko . Sepertinya ada masalah dengan sel yang disebut fibroblas yang bertanggung jawab untuk produksi jaringan parut ( kolagen ) . Hal ini tidak diketahui apakah ada sesuatu yang salah dengan fibroblas sendiri atau apakah ada masalah dengan bahan kimia yang mengontrol aktivitas fibroblas. Beberapa faktor lain seperti sistem hormon, sistem kekebalan tubuh, genetik juga memiliki pengaruh terhadap berkembangnya penyakit keloid ini.

Gejala Utama Keloid

Berikut ini adalah tanda-tanda dari keloid:
  • Berwarna cerah, merah muda, atau merah
  • Menonjol (benjolan) atau berkerut
  • Gatal
  • Lunak
  • Mudah mengalami iritasi apabila terkena gesekan
  • Terus bertambah besar
  • Warnanya menjadi lebih gelap dari kulit sekitarnya ketika terkena sinar matahari

Apabila terasa gatal, berarti keloid sama sekali tidak berbahaya. Kekhawatiran utama mengenai keloid biasanya berkaitan dengan kecantikan, terutama apabila keloid tumbuh di bagian tubuh yang mudah terlihat, seperti wajah.

Kadang-kadang keloid berkembang tanpa cedera kulit jelas, meskipun kebanyakan orang dapat mengidentifikasi penyebab. Bagian tubuh yang secara umum terkana keloid adalah dada, bahu, daun telinga dan pipi . Keloid tumbuh antara sendi dapat mempersulit gerakan. Terkadang warna merah asli berubah menjadi coklat atau menjadi pucat .

Pertumbuhan dapat terus berlanjut selama beberapa minggu untuk beberapa bulan. Pertumbuhan ini biasanya lambat tapi kadang-kadang ada pembesaran pesat selama beberapa bulan. Setelah keloid berhenti tumbuh, keloid tetap dengan ukuran yang sama atau bisa dengan ukuran yang lebih kecil.

Bagaimana Cara Menghilangkan Keloid?

Sebenarnya tindakan menghilangkan keloid ini tidak perlu tergesa-gesa, Hanya saja ada beberapa indikasi medis yang menyarankan untuk segera mendapatkan penanganan apabila keloid teiritasi hingga terasa nyeri, gatal dan terasa mengganggu. Indikasi untuk mengobati keloid lainnya yakni berdasarkan permintaan pasien dengan latar belakang kosmetik apalagi jika keloid menyerang bagian wajah yang notabene merupakan bagian yang paling sering diperlihatkan.

1.    Suntikan Cortisone (Steroid Intralesi)

Metode suntik cortison ini tergolong pada tindakan yang aman dan tidak menyakitkan. Suntikan ini biasanya diberikan pada pasien setiap satu bulan sekali hingga pasien memperoleh hasil yang maksimal. Suntikan keloid ini aman karena dosis yang digunakan sangat sedikit dan terbukti ampuh membantu mengobati keloid. Hanya saja, suntikan steroid kedalam tubuh mampu membuat keloid yang rata menimbulkan ruam merah, hal ini terjadi sebagai akibat dari rangsangan terbentuknya pembuluh darah yang lebih sedikit. Keloid ini akan terlihat lebih kecil setelah dilakukan penyuntikan secara rutin, namun hasil terbaik sekalipun akan tetap meninggalkan bekas berupa kulit yang terlihat agar kasar jika dibandingkan dnegna kulit normal lainnya.

2.    Penggunaan Laser

Terapi keloid dengan menggunakan laser ini akan lebih efektif untuk meratakan keloid dan mengurangi ruam kemerahan yang ditimbulkan saat menjalani suntik cortison untuk menghilangkan keloid. Terapi ini aman dan tidak akan terlalu menyakitkan, hanya saja dibutuhkan beberapa sesi untuk meraih hasil yang maksimal, hal ini juga yang menjadi faktor biaya terapi ini begitu mahal.

3.    Bedah Operasi

Terapi keloid yang satu ini mungkin tergolong tindakan yang beresiko, karena memotong keloid akan dapat memicu timbulnya keloid baru sebagai akibat dari luka sayatan ketika memotong keloid. Beberapa ahli bedah mencapai keberhasilan dengan menyuntikan streoid atau menerapkan pressure dressing pada bagian luka setelah memotong keloid.

4.    Penggunaan Silikon

Pengobatan dengan cara ini adalah dengan menggunakan selembar silikon yang diletakan pada area yang terkena luka selama beberapa jam dalam sehari selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Hasil yang didapatkan pun bervariasi, bahkan beberapa dokter yang sempat  mengaplikasikan metode serupa dengan balut tekan menggunakna bahan lain selain silikon berhasil melakukannya.

5.    Interferon

Interferon ialah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan virus, bakteri dan ancaman lainnya. Dalam studi baru, tindakan menyuntikan intreferon pada tubuh hasilnya cukup menjanjikan dapat mengurangi ukuran besar dari keloid, meskipun hal ini belum dapat dipastikan apakah efek akan berlangsung lama. Penelitian mengenai pengobatan dengan pengambilan metode ini masih berlangsung dnegan menggunakan varian dari metode ini, yakni dengan menyertakan penggunaan lmiquimod topika (Aldara), yang merangsang tubuh untuk dapat memproduksi interferon.

Berikut adalah beebrapa metode yang ampuh untuk dapat menghilangkan keloid. Paras cantik dan kulit yang mulus terawat sejatinya adalah dambaan bagi siapa saja, untuk itu menjaga dan merawat kesehatan tubuh dan kulit adalah hal yang senantiasa harus dijaga.


Berikut Inilah Khasiat Lidah Buaya Untuk Keloid Di Kulit Tubuh


Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya, pemanfaatannya sering digunakan untuk kesehatan, tetapi manfaat lidah buaya bukan hanya untuk kesehatan  semata, lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Menurut data dari penelitian yang ada, tanaman lidah buaya merupakan 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Manfaat tanaman lidah buaya Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyumbur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Perawatan kulit 
Tidak peduli jenis kulit apa yang Anda miliki, lidah buaya dikatakan memang cocok untuk semua jenis kulit karena dia memberikan supply oksigen ke sel yang bisa membangkitkan kekuatan dan menyehatkan kulit.

Melembabkan
Tak perlu bingung mencari pelembab yang alami dan aman untuk kulit sensitif. Anda cukup mencari yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin. Ia juga aman untuk kulit sensitif, kulit berjerawat. Bahkan lidah buaya akan membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat.

Menghilangkan Jerawat
Caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan dirumah tanpa harus pergi keluar rumah. Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Gel bercukur
Apabila Anda ingin bercukur dengan nyaman dan aman, Anda tak harus menggunakan krim cukur. Cukup mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya maka Anda akan mempermudah Anda mencukur bulu serta mencegah iritasi. Lidah buaya akan membuat kulit tetap dingin dan nyaman tanpa terasa pedih.

Perawatan Rambut
Dalam hal perawatan rambut yang telah banyak dilakukan, penggunaan lidah buaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi munculnya ketombe, dan juga dapat menggantikan fungsi kondisioner dalam melembutkan rambut. Ambil 2 pelepah lidah buaya yang sudah dicuci, kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dicuci (lakukan pada sore hari). Lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya, usahakan melakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menyuburkan Alis
Jelly lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis anda. Caranya setiap tidur diolekan ke alis anda, lalu keesokan harinya dicuci bersih. Semakin anda rajin melakukannnya, maka hasilnya pun akan maksimal.

Kesehatan Bulu Mata
Bagi anda-anda yang rajin menggunakan maskara, tentunya akan berefek pada kesehatan bulu mata anda. Diantaranya: bulu mata kering dan cepat rontok. Namun anda jangan khawatir karena ada resep khusus yaitu kegunaan jelly liday buaya yang bisa memperkuat akar bulu mata serta menyehatkan bulu mata anda dan bulu mata anda pun akan lebat. Caranya: setiap akan tidur, atau pun saat anda bersantai, cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimiawi seperti maskara. Lalu ambil jelly Lidah Buaya, dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata anda. Biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air biasa hingga bersih. Bila teratur menggunakannya, dijamin bulu mata anda akan kuat, tidak mudah rontok dan tebal.

Menghilangkan Flek Hitam
Bagi anda-anda yang memiliki flek-flek hitam diwajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat adalah metode ampun untuk menghilangkannya dengan cara alami. Caranya: setelah muka dibersihkan, ambil jelly lidah buayanya, lalu bersihkan dari lendir-lendirnya dan siapkan ke muka setiap pagi juga malam hari. Biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih lalu keringkan. Lakukan minimal 2x sehari berturut-turut. Dijamin, muka anda akan mulus dan terbebas dari flex-flex hitam.Walau memakan waktu lama, namun bila dilakukan secara rutin, hasilnya pun akan maksimal.

Baca Juga Artikel Mengenai : Obat Menghilangkan Keloid Dengan Cepat Dan Aman

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Khasiat Lidah Buaya Untuk Keloid Di Kulit Tubuh"

Poskan Komentar